Depok, 22 Maret 2022. “Pandemi dan perubahan tatanan ekonomi mengakibatkan skill set kita harus disesuaikan. Harapan kami kegiatan ini menambah dukungan kepada generasi muda dalam menyiapkan diri mengambil peluang dan menjadi pemenang,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam pembukaan Universitas Indonesia (UI) Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Virtual Expo 2022, yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa (22/3).

Dalam pidato sambutannya, Sandi berbagi pengalamannya menekuni bidang entrepreneurship. “Bahwa entrepreneurship is not a profession, but entrepreneurship is a mindset. Jadi entrepreneurship adalah pola pikir yang terdiri dari kerja keras, sikap hidup optimis, kreatif, inovatif, serta kepemimpinan. Apa yang perlu dipersiapkan? Niat, belajar dari kesuksesan dan juga kegagalan orang lain, proaktif, berani mengambil resiko, serta berwawasan global namun selalu memperhatikan berkearifan lokal,” ujar Sandi yang dikenal sebagai seorang pengusaha dengan berbagai pengalaman menjabat sebagai direksi sejumlah perusahaan di berbagai sektor.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., mengatakan bahwa pelaksanaan UI CISE Virtual Expo bertujuan untuk mempertemukan dunia pendidikan dengan dunia kerja dan industri, memfasilitasi mahasiswa dan lulusan untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan, informasi beasiswa, serta menjembatani kesempatan magang bagi para mahasiswa. “Hal ini selaras dengan kebijakan Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Pada hari ini juga dilaksanakan softlaunch UI Employer Forum. Sebuah inovasi dari UI untuk mendukung hilirisasi industri di masa depan, yang mampu menjadikan Indonesia sebagai negara industri yang maju dan kompeten serta mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia,” ujar Prof. Ari saat membuka UI CISE Virtual Expo 2022.

Dalam pembukaan tersebut, turut hadir Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Dr. Ir. Kiki Yuliati, M. Sc., Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, para wakil rektor, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian, S.H., LL.M., M.Sc., Executive Director of Digital Bank at TMRW by OUB Fajar Septandri Maharjaya, Human Capital Director of PT Bank Danamon Indonesia TBK Heriyanto Agung Putra, CEO of PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat, dan para Dekan dan Pimpinan di lingkungan UI.

Selanjutnya, Ketua Panitia Penyelenggara UI CISE Virtual Expo 2022, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, menyampaikan laporan singkat penyelenggaraan UI CISE Virtual Expo 2022. “Jumlah peserta expo kali ini terdiri dari 51 perusahaan nasional dan multinasional yang membuka program rekrutmen dan internship, 12 lembaga/universitas pemberi beasiswa (scholarship) dalam maupun luar negeri, 19 entrepreneurship, 33 media partner, 28 mitra perguruan tinggi, dan 66 sesi webinar,” ujar Prof. Fika.

Dalam kesempatan tersebut ia juga melaporkan jumlah total pengunjung expo virtual pada tahun 2021 cukup besar yaitu sebanyak 254.738 pengunjung. Prof. Fika mengungkapkan bahwa UI CISE Virtual Expo merupakan jobfair yang tetap dilaksanakan di masa pandemi yang diselenggarakan secara virtual untuk tetap dapat menghubungkan para alumni UI dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. “Walau masa pandemi, kami bertekad tetap dapat menyelenggarakan kegiatan jobfair guna memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM di Indonesia. Saat ini kami mengajak mitra perguruan tinggi lain untuk berafiliasi menyelenggarakan kegiatan expo ini agar berbagai informasi lowongan kerja, beasiswa dan kewirausahaan dapat sebanyak-banyak tersosialisasi dan dimanfaatkan oleh lulusan perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Prof. Fika yang merupakan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyakat UI.

Career Development Center (CDC) UI, sebagai pusat pengembangan karir lulusan di bawah Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI menyelenggarakan UI CISE Virtual Expo dengan mengusung tema “Accelerate your Future Career”. Kegiatan ini akan berlangsung pada 22-29 Maret 2022 yang didukung oleh Job2go, ILUNI UI, dan Reuni Perak FEUI 97. Tak hanya itu, jobfair ini juga mendapat sponsor dari PT Bank UOB Indonesia, PT Bank Danamon, PT Paragon Technology and Innovation, PT Pegadaian, PT Telkom, Bank BTN, dan Bank BNI. Bagi alumni atau mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat diakses melalui laman http://job2go.net/UI-CISE2022.