Main Menu
Beranda
Profil
Visi & Misi
Struktur
Kontak Kami
Alumni
Career Talk
Magang Mahasiswa
Informasi Magang
Daftar Member Magang
Magang Bersertifikat BUMN
ASEM Work Placement
ASEM Work Placement Programme
Galeri CDC

Login Pencari Kerja





Lupa Kata Sandi
Perusahaan
Prosedur
Penawaran
Login Perusahaan
Informasi Biaya
Fasilitas
Pendaftaran
Pencari Kerja
Prosedur
Update CV
Pendaftaran
Tracer Study
Tracer Study
Pelatihan
Softskills
Pelatihan Pusat Karir
Pelatihan Tracer Study & Qtafi
Ragam
Career & Scholarship
Statistics
Members: 19808
News: 3621
Web Links: 5
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday656
mod_vvisit_counterYesterday2229
mod_vvisit_counterThis week11896
mod_vvisit_counterThis month7218
mod_vvisit_counterAll1957887
Beranda arrow Career Talk arrow Kuliah Umum TNI AU
Kuliah Umum TNI AU
Written by amir   
Friday, 22 March 2019

 

Kuliah Umum TNI AU

 


 

Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa dalam merancang karir dan sebagai persiapan memasuki dunia kerja Career Development Center Universitas Indonesia bekerjasama dengan TNI AU mengadakan Kuliah Umum dan Rekrutmen dengan Tema: "Penguasaan Dirgantara Guna Meningkatkan Ekonomi Nasional.  Acara ini akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal   : Selasa, 26 Maret 2019
Waktu             : Pukul 13.00-16.00 WIB
Tempat            : Gedung Balai Sidang Kampus UI Depok

Tujuan acara ini adalah memberikan informasi dan gambaran mengenai pentingnya penguasaan dirgantara untuk perkembangan ekonomi nasional serta peran penting warga negara khususnya mahasiswa, alumni dan civitas academika untuk penguasaan dirgantara. Pada acara ini juga akan disampaikan mengenai rekrutmen TNI AU untuk mahasiswa dan alumni UI serta prospek karirnya. Nara sumber dalam kegiatan ini yaitu Bapak Kolonel PNB H. Maman  Suherman, M.AP., M.TR (HAN) yang menjabat sebagai Paban IV Komsosdirga, Spotdirga TNI AU.
 

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH sebagai Kepala Career Development Center Universitas Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 203 peserta baik berasal dari mahasiswa dan Alumni UI yang terdiri berasal dari berbagai fakultas dan angkatan serta sebagian dari mahasiswa non UI.
 
Kegiatan ini sangat bermanfaat selain untuk pengetahuan mengenai karir juga berguna untuk pengetahuan mengenai pentingnya tata udara dalam hal ekonomi bangsa terlebih lagi menyangkut kedaulatan dan keamanan negara. Dalam kulaih umum ini dijelaskan menbgenai ruang udara yang  secara internasional telah disepakati sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 Konvensi Chicago 1944 bahwa negara mempunyai kedaulatan yang bersifat lengkap dan eksklusif (penuh dan utuh) atas ruang udara di atas wilayahnya. Indonesia telah mengukuhkan prinsip tersebut dalam Pasal 5 Undang - Undang Nomor 1 Tahun 2009 , Tentang Penerbangan yang menyatakan bahwa: negara Indonesia bardaulat penuh dan utuh atas wilayah udara Republik Indonesia.
 


Pertumbuhan transportasi udara selama 5 tahun terakhir rata-rata 16% dan diperkirankan akan terus berlanjut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai 6% serta adanya peningkatan jumlah masyarakat kelas menengah yang mampu melakukan perjalanan dengan transportasi udara.

Pada kegiatan ini juga di jelaskan mengenai prospek karir sebagai perwira prajurit karir TNI. perwira prajurit karir TNI merupakan golongan Prajurit yang berpangkat Perwira yang berasal dari Sekolah Perwira Prajurit Karier. Sumber Penerimaan PA PK TNI adalah mereka yang berasal dari Akademisi, karena salah satu syaratnya adalah S-1 atau D-3. Perwira Prajurit Karier TNI ini diperoleh setelah lulusan perguruan tinggi menempuh pendidikan prawira selama 7 Bulan pendidikan. Setelah lulus dari pendidikan di Magelang mereka langsung akan menyandang pangkat Letnan Dua.


Peserta yang hadir dalam kegiatan ini paling banyak berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  sebanyak 28 orang dan Fakultas Teknik sebanyak 25 orang 79 orang. Pada kegiatan ini ada 2 fakultas yang mahasiswa dan alumnnya tidak hadir yaitu Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Sekolah Ilmu Lingkungan. Selain preserta berasal dari mahasisa dan alumni UI, peserta juga berasal dari mahasiswa non-UI sebanyak 46 orang yang berasal dari Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Riau, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Pertanian Bogor, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Nasional, Universitas Pertahanan, Universitas Pembangunan, UKI Paulus Makassar, Universitas Paramadina, Universitas Sebelas Maret, Universitas Syiah Kuala, Institut Sains dan Teknolologi Akprind, Universitas Trisakti, Universitas Pancasila, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Universitas Padjadjaran, Universitas Mercubuana, UPN Veteran, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Universitas Ibnu Khaldun, Perbanas Institute Jakarta, Universitas Bung Hatta, Universitas Pamulang, STT PLN, Universitas Attahiriyah, LPPU Curug, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Lampung, Universitas Telkom, Universitas Andalas, Sekolah Tinggi Perikanan, Universitas Lancang Kuning, Politeknik LP3I Jakarta dan Universitas Bakrie Jakarta.

Last Updated ( Thursday, 19 December 2019 )
 
< Prev   Next >