Main Menu
Beranda
Profil
Visi & Misi
Struktur
Kontak Kami
Alumni
Career Talk
Magang Mahasiswa
Informasi Magang
Daftar Member Magang
Magang Bersertifikat BUMN
ASEM Work Placement
ASEM Work Placement Programme
Galeri CDC

Login Pencari Kerja





Lupa Kata Sandi
Perusahaan
Prosedur
Penawaran
Login Perusahaan
Informasi Biaya
Fasilitas
Pendaftaran
Pencari Kerja
Prosedur
Update CV
Pendaftaran
Tracer Study
Tracer Study
Pelatihan
Softskills
Pelatihan Pusat Karir
Pelatihan Tracer Study & Qtafi
Ragam
Career & Scholarship
Statistics
Members: 19573
News: 3519
Web Links: 5
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2229
mod_vvisit_counterYesterday2374
mod_vvisit_counterThis week2229
mod_vvisit_counterThis month46203
mod_vvisit_counterAll1601852
Beranda arrow Pelatihan Tracer Study & Qtafi
Pelatihan Tracer Study & Qtafi
PELATIHAN STUDY PELACAKAN ALUMNI DAN PENGGUNA LULUSAN PERGURUAN TINGGI
Written by amir   
Tuesday, 09 July 2019

 

PELATIHAN STUDY PELACAKAN ALUMNI DAN PENGGUNA LULUSAN PERGURUAN TINGGI


 

  Latar Belakang

 

 

Pelaksanaan tracer study (TS) merupakan karakteristik penting dari institusi pendidikan tinggi yang maju di seluruh dunia. TS adalah survey yang terstandarisasi terhadap lulusan institusi pendidikan tinggi yang dilakukan beberapa waktu setelah lulusan tersebut meninggalkan institusi pendidikan tingginya (Schomburg, 2014). Saat ini TS telah dikenal di kalangan pengelola institusi pendidikan tinggi baik di negara maju maupun negara berkembang. Di negara maju, terutama Eropa, TS telah dilakukan dengan mekanisme yang lebih sistematis, standar, dan teratur.


Di Indonesia dirasakan adanya kebutuhan mendesak untuk mengembangkan informasi tentang outcome pendidikan tinggi dan sistem pemantauannya untuk mengukur kinerja pendidikan tinggi Indonesia. Sejak tahun 2010 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengembangkan Sistem Pengembangan Pusat Karir dan Tracer Study Nasional. Pada fase awal ini, indikator utama yang diukur adalah masa transisi dari masa perkuliahan hingga memasuki dunia kerja seperti durasi pencarian kerja, keselarasan horizontal dan keselarasan vertikal.

Untuk memenuhi kebutuhan data yang valid dan reliabel serta untuk meyakinkan pemangku kepentingan mengenai relevansi dan kegunaan TS, diperlukan kemampuan melakukan analisis, presentasi, dan pelaporan yang adekuat dari TS yang dilakukan. Untuk itu, diperlukan pelatihan analisis, presentasi dan pelaporan TS khususnya bagi perguruan tinggi yang telah berhasil menjalankan TS. Dengan demikian hasil TS yang diperoleh dapat dimanfaatkan secara maksimal, dapat ditampilkan dengan baik dan memenuhi syarat bagi pelaporan hasil tracer study yang diminta oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) dan pelaporan di masing-masing institusi penyelenggara TS.

 

  Tujuan

 

  1. Meningkatkan kemampuan analisis, presentasi, dan pelaporan TS bagi peserta

  2. Meningkatkan standarisasi dan komparabilitas data TS antar perguruan tinggi di bawah Kemristekdikti

  3. Memperkuat jejaring institusi penyelanggara TS di Indonesia


  Hasil yang diharapkan pada peserta

 

  1. Peserta pelatihan mampu untuk melakukan analisis TS yang berkualitas baik,

  2. Peserta pelatihan mampu untuk menampilkan presentasi hasil TS dengan baik,

  3. Peserta pelatihan mampu untuk menyusun pelaporan TS yang memenuhi syarat pelaporan TS dari Kemristekdikti.

 

  Waktu dan Tempat Pelaksanaan

 

Pelatihan Analisis, Presentasi dan Pelaporan Tracer Study dilaksanakan selama 3 hari pada: Hari Selasa-Kamis,10-12 September 2019

 
  Panitia Pelaksana

 

 
Panitia pelaksana Pelatihan adalah Career Center Universitas Esa Unggul bekerjasama dengan Career Development Center Universitas Indonesia.
 
 
  Tim Pelatih

 

  • Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D.
  • Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH,
  • Rahmatullah, SKM.
  • Devi R. Latif, S.I.Kom
  • NurFaizah, S.Pd
  • Mumuh Muhyiddien Adisasmita, A.Md

 

  Peserta

 

 

Peserta pelatihan adalah staf/pimpinan pusat karir perguruan tinggi yang melaksanakan tracer study.

 

  Syarat dan ketentuan

  • Peserta diwajibkan membawa laptop dengan program statistik (MS. Excel dan SPSS), program presentasi (MS. Power Point), dan program olah kata (MS.Word)

  • Peserta diwajibkan membawa data hasil tracer study selengkap mungkin

  • Seleksi data hasil tracer study untuk pelatihan analisis dilakukan oleh panitia.

  

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan tracer study di perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan pada pelatihan ini diajarkan bagaimana cara menganalisis, presentasi dan pelaporan mengenai tracer study. Selain di berikan materi, peserta juga melakukan praktik dan secara langsungditanggapi oleh narasumber dan juga peserta lain, sehingga pelatihan ini benar-benar memberikan pengalaman yang menyeluruh tentang tracer study.

 


 

 Klik untuk download:

1. Brosur Pelatihan

 

Untuk mengikuti kegiatan ini silakan daftar online: KLIK DISINI

 

 

Info Lebih Lengkap Kunjungi http://cdc.ui.ac.id
==============================
SEKRETARIAT CDC-UI
Gedung CDC-UI (Areal Komplek Pusgiwa UI),
Kampus UI Depok, 16424
Telp./Fax: (021) 98264777 / 78881021


 

Last Updated ( Wednesday, 31 July 2019 )